Dokteraldi's Blog

Life is journey not a destination

Waspada, Penyakit Leptospirosis setelah banjir…


banjirPada bulan February ini Jakarta sering diguyur hujan. Hal ini membuat banyak daerah-daerah di Jakarta mengalami banjir. Memang, hujan dengan intensitas yang tinggi dan banjir adalah satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan.

Baiklah dalam blog ini kita tidak membahas soal banjir karena saya tidak ahli dalam mencegah dan mengatasi banjir, tetapi saya coba membahas dampak kesehatan ketika banjir datang, terutama penyakit yang disebut Leptospirosis.
Apa itu Leptospirosis? Leptospirosis adalah suatu penyakit infeksi yang disebabkan oleh bakteri pathogen Leptospira. Seperti gambar dibawah ini adalah gambaran bakteri Leptospira yang diambil dengan menggunakan alat pembesar.

Leptospirosis adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh hewan lain atau disebut penyakit zoonosis. Dimana hewan pengerat terutama tikus adalah sebagai reservoir (tempat tinggal) penting bagi leptospira.

leptospirosis
Bagaimana penyakit Leptospirosis ini menular ke manusia? Penyakit leptospirosis ini menular ke manusia tentu mealui buangan atau urin (kencing) dari reservoarnya yaitu tikus, dimana kencing tikus tersebut mengandung bakteri Leptospira, kemudian kencing tersebut kontak dengan manusia sehingga menimbulkan penyakit. Nah menjadi pertanyaan, bagaimana kencing tikus tersebut dapat kontak dengan manusia? Ya, tentu melalui media air, bakteri leptospira ini dapat bertahan juga di air selama beberapa bulan. Jadi air merupakan media transmisi yang penting dalam penularan penyakit ini. Oleh karena itu kenapa banjir memiliki peran penting dalam terjangkitnya penyakit Leptospirosis, karena air dapat membawa bakteri tersebut kemana-mana, dan apabila terkena orang yang memiliki luka di kaki atau luka yang terkontaminasi dengan air banjir tersebut yang mengandung Leptospira maka orang tersebut dapat menderita penyakit Leptospirosis.
Apa gejala dari Leptospirosis? Gejala dari penyakit Leptosspirosis ini beragam, dari yang tidak memiliki gejala, ringan, sedang sampai ke fulminant atau fatal. Masa inkubasi dari penyakit ini adalah 2-20 hari jadi apabila banjirnya sudah reda 2 atau 20 hari kemudian bisa gejalanya muncul, dimana gejala awalnya pada minggu pertama adalah bervariasi seperti penyakit Flu (Flu like syndrome) yaitu demam, badan pegal dan sakit. Pada kasus yang fatal dapat menyebabkan kekuningan seluruh tubuh, perdarahan sampai ke gagal organ tubuh.

tabel leptospirosis
Nah ini yang lebih penting, bagaiman kita mencegah terkena penyakit ini, dan bagaimana supaya kita mewaspadai penyakit Leptospirosis ini?

  1. Tentu hindari genangan air, tetapi kayanya sulit ya kalau banjir kita menghindari tidak terkena air banjir tersebut. Lindungi tubuh kita dengan alat pelindung atau segeralah cuci anggota tubuh kita yang terkena banjir dengan air bersih dan sabun.
  2. Kalau ada luka yang terbuka di kulit tubuh kita, usahakan luka tersebut tidak terkena air banjir.
  3. Apabila ada gejala demam tinggi tiga hari, tidak turun-turun setelah diberikan obat pereda demam, kekuningan dimata atau diseluruh tubuh, ada tanda perdarahan, segeralah ke dokter untuk diperiksa.
  4. Nah dikarenakan masa inkubasinya 2-20 hari jadi perhatikan gejala-gejala tersebut diatas karena gejala tersebut akan muncul malah setelah banjir surut.
  5. Jagalah tetap higienitas lingkungan terutama air.
  6. Apabila sudah dilakukan pemeriksaan oleh dokter dan terbukti karena leptospirosis maka dokter akan memberikan terapi antibiotic yang sesuai.
    Nah sudah cukup jelas apa itu Leptospirosis, dan mengapa ketika banjir kata Leptospirosis ini menghantui masyarakat. Untuk itulah tetap jaga higienitas lingkungan dan air, higienitas tubuh kita, dan segeralah ke berobat apabila anda demam 3 hari tetapi tidak sembuh juga. Semoga informasi ini bermanfaat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: