Kepulauan Wanita Cantik (Kepulauan Mapia)


This slideshow requires JavaScript.

Ini merupakan gambar dari Kepulauan mapia. Kepulaan ini adalah salah satu kepulauan yang berbentuk atol atau pulau yang menyerupai cincin yang dibentuk oleh lapisan karang.

Kepulauan mapia ini terletak di utara pulau biak-supiori, dan termasuk daerah administratif kabupaten Supiori, distrik Supiori Barat. Kepulauan ini merupakan salah satu pulau terluar paling utara Indonesia.

Kepulauan ini terdiri dari 3 pulau yang sihubungkan oleh pasir dan karang. Pulau yang pertama adalah Pulau Pegun yang berpenghuni hanya 8 kk, yang kedua adalah Pulau Barasi yang berpenghuni 50 kk menurut data tapi menurut pengamatan saya ketika berkunjung ke pulau tersebut hanya 50 warga saja yang tinggal disana, itupun sudah termasuk 25 orang marinir yang bertugas di pulau perbatasan jadi kalau untuk warga Pulau mapia sendiri hanya 25 orang sisanya…….Kemudian pulau yang ketiga yaitu Pulau Fanildo yang tidak berpenghuni.

Posting kali ini merupakan cerita perjalanan saya ke Pulau Mapia atau barasi dalam tugas sebagai dokter PTT yang memberikan pelayanan kesehatan di pulau tersebut.

Perjalanan ke Pulau Mapia ini diawali keberangkatannya melalui pelabuhan biak. Perjalanan ke Mapia ini hanya dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan laut yaitu kapal. Pemerintah Papua menyediakan kapal perintis untuk perjalanan kesana, adapun pihak swasta juga menyediakan perjalanan ke Mapia.

Baiklah kita mulai perjalanan. Dari pelabuhan Biak kita menaiki kapal perintis, perjalanan dimulai pagi hari. Perjalanan menempuh waktu 21 jam, jadi kita tiba di Kepulauan Mapia besok paginya. Cukup lama dan membosankan, tapi untunglah kita pergi kesana bersama rombongan kesehatan Dinas Kesehatan Kab. Supiori. Ga kebayang kalo sendirian hehehehe.

Ketika kita tiba di Pulau Barasi, kita akan dijemput oleh masyarakat sekitar dengan menggunakan perahu kecil atau dari pihak marinir, karena di Pulau ini tidak terdapat dermaga. Jadi cukup sulit juga unloading penumpang dan barang. Kita, masyarakat dan marinir saling bahu membahu bergotong royong untuk memindahkan barang. Seperti yang terlihat di gambar, kalau kita tidak hati-hati barang ataupun orang bisa terjatuh kelaut.

Inilah tantangan bagi pemerintahan kabupaten Supiori, untuk menyediakan dermaga di pulau Barasi untuk memudahkan masyarakat disana untuk proses unloding.

Setelah kaki menginjakkan Pulau Barasi ini, rasa capai dan lelah hilang semua dengan sambutan masyarakat dan keindahan Pulau ini. Di awal saya sudah menyebutkan pulau ini adalah Kepulauan Surga, sangat indah.

Inilah foto-foto Kepulauan Mapia dan kegiatan kami disana, saya tidak bisa mengungkapkan dalam tulisan tapi mudah-mudahan dengan foto-foto ini teman-teman juga dapat menikmatinya, lets check it out

Pulau Barasi                                                                           Pohon Stiki

Say thanks to Vicky Pongoh

Posted on March 16, 2012, in Yang tak terlupakan and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink. 27 Comments.

  1. This post especially I dedicate to persons who love an Island with paradise view, to people like sea adventure, photograph, fishing, ciaowwww

  2. Mantap Pak Dokter… kalo mancing di posting ya…

  3. ini beda,jarang ada tulisan mengenai pulau ini,terutama keindahannya,tolong ditambah lagi foto-fotonya

  4. Thanks atas infonya…bulan februari saya dan team mau kesana
    kalau naik kapal perintis harga tiket kapal berapa duit dan dalam sebulan berapa kali singgah
    Kapal tsb

    • harga tiket kalo tidak salah waktu itu (2010) perorangnya kena 50.000 dengan perjalanan 21 jam. Ada 2 jenis kapal yang kesana, 1 kapal perintis, yang satu lagi kalo tidak salah km yapaeron. Biasanya kapal kesana 2 minggu sekali untuk 1 kapal, kalo dua2nya beroprasi bisa 1x seminggu.

      • salam, dok,, mantap sdh sampai di kepulauan mapia,, sy mo tanya,, apakah para nelayan cari iakn juga, trus jualnya kemana

  5. pak dokter@ saya juga udah pernah tugas dsna dok,,, kira” 11 bulan dsna,,, dtang bln 10 2011 plang bulan 8 2012,,,

  6. pak dokter mau tanya kalo pake speed biayanya berapa dan berapa lama waktunya ?

  7. pak dokter mau tanya kalo pake speed biayanya berapa dan berapa lama waktunya ? TQ

  8. Saya Finny, mahasiswa FKG UI angaktan 2010.. Bulan Juli 2013 lalu saya kuliah kerja nyata (K2N) di Pulau Brass. Memang cantik sekali yah dok pulaunya. Sayang saat saya ke sana sedang tidak ada dokter PTT dan ibu bidan desa baru saja kembali dari Biak setelah sekian lama tdk menjaga Puskesmas di Pulau Brass. Pulau Brass sekarang sudah punya dermaga yang bagus loh dok, tp kapal belum bisa bersandar krn belum diresmikan. di Pulau Brass masih ada Marinir. Sekarang marinir yang sedang bertugas adalah marinir dari Jakarta. Saat ada warga sakit untung ada bintara kesehatan (bakesh) marinir yang bisa membantu.
    Berharap setelah lulus saya bisa PTT ke Brass :)

  9. Keren Pak Dokter Picture nya, sy org Asli Supiori tapi blm pernah ke Kepulauan Mapia, krn Jauh nya dr Kota Biak. I’m proud of your Doc

  10. #savesharks dokter. yuk bantu gerakan kelestarian alam dan melindungi rantai makan laut kita.

  11. permisi…numpang lewat,Keren Abissss…kira2 jasa transport swasta kita dpt atau hub dmn?budjetnya brp?terima kasih

  12. salam dok, tulisan yang sangat bagus tentang pulau mapia. Di bulan oktober 2013 kami dari ORARI mengadakan kegiatan di pulau Brasi sekitar 10 hari. memang indah sekali pulau ini dan sepertinya pemda setempat atau pemerintah NKRI dapat memaksimalkan potensi alam nya. sekedar share saja foto-foto saat kami berada disana http://www.flickr.com/photos/wningrat

  13. saya bondan mahasiswa kwlautan undip,mohon saran kalau ingin melakukan penelitian di sana apakah ada dinas yg dapat mendukung ya…

    • tentu bisa..dan ada dinas yang berhubungan dengan penelitian anda. Saran saya carilah kontak person dinas terkait disana melalui internet, website dll, atau melalui dinas terkait yang berada di pusat.

  14. oh begitu dok,.makasih banyak,, namun, apa dokter aldi punya CP instansi terkait di sana yang bisa saya hubungi?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.